Rabu, 25 Juli 2012

Tradisi Ngabuburit Ramadhan


Kata ngabuburit sejatinya berasal dari kata burit, yakni sebuah representasi waktu yang menunjukkan mulainya waktu malam. Ngabuburit artinya mengisi waktu hingga burit atau malam tiba. Tradisi ini biasa dilakukan oleh masyarakat Sunda sejak lama, khususnya anak-anak muda. Mereka keluar rumah secara bergerombol selepas Ashar dan menikmati waktu sore yang cerah dengan berjalan-jalan atau sekadar berkumpul bersama teman-teman.




Dalam perkembanganya, tradisai ngbuburit kemudian semakin dikuatkan dengan keberadaan acara-acara televisi. Saat Ramadan tiba, banyak stasiun televisi menayangkan program acara ngabuburit sebelum waktu berbuka puasa tiba. Bahkan, sebuah konser musik yang digelarsebuah perusahaan rokok terkemuka juga menggunakan istilah ngabuburit sebagai tema acaranya. Alhasil, istilah ngabuburit kini seolah telah menjadi kata baku dalam pergaulan remaja saat bulan puasa tiba. Lantas apakah tradisi ini dikenal dalam Islam?

Abdul Quddus, doktor Kajian Islam dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram, mengatakan ajaran islam sebenarnya tidak mengenal istilah ngabuburit atau apa pun yang merujuk pada kegiatan serupa untuk menunggu waktu buka puasa. "Saya rasa tidak ada. Ngabuburit itu lebih pada representasi waktu saja dari Sunda," katanya.

Jika saat ini, lanjut Abdul Quddus, istilah ngabuburit kemudian dikaitkan dengan tradisi bulan Ramadan, hal ini akibat adanya proses akulturasi dalam penyebaran agam Islam, di mana ajaran Islam masuk dengan memperhatikan sisi tradisi lokal. Dalam hal ini adalah tradisi ngabuburit yang telah dikenal luas di tanah Sunda.



Di Arab sendiri, lanjut Abdul Quddus, hampir tidak ada kegiatan atau tradisi yang dilakukan masyarakat untuk menunggu waktu berbuka puasa. Meski demikian, selama tujuan ngabuburit tersebut dilakukan untuk kegiatan yang positif dan menambah nilai keutamaan beribadah puasa, maka kegiatan ngabuburit tersebut sebenarnya tidaklah masalah. "Misalnya, tujuannya adalah agar bisa saling bersilaturahim dengan diskusi dan mengaji ajaran islam lebih dalam misalnya,"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

=======================

=======================

Share and Sharing :: Mempunyai Artikel Menarik,kisah,cerita lucu,Atau Info Tentang Sekitar Dukuhjati,Kirimkan di kolom bawah ini
Name:
Email :
Alamat
Artikel
Berita/Info

This contact form was created by Freedback.