Senin, 12 Maret 2012

Sikap Berdikari


Tentu saja kita mengenal sosok pahlawan proklamasi Indonesia, Ir. Soekarno. Keputusannya bersama dengan rekan-rekan seperjuangan membuat status negara kita dari negara yang terjajah menjadi negara yang merdeka dan memiliki kedaulatan atas bangsanya sendiri. Artinya bangsa Indonesia mau tidak mau harus mampu mandiri dan keluar dari “suapan” bangsa lain. Soekarno yang hidup antara tahun (1901-1970) ini mengajarkan pada kita agar berdikari, artinya Berdiri di Atas Kaki Sendiri. Presiden RI 1945- 1966, ini menganut ideologi pembangunan “berdiri di atas kaki sendiri”. Bahkan proklamator ini dengan gagah mengejek negara super power, Amerika Serikat, dan negara kapitalis lainnya: “Go to hell with your aid.” Pemimpin Besar Revolusi ini menggelorakan semangat mandiri bagi bangsanya.


Sikap untuk berdikari atau mandiri inilah yang perlu kita miliki. Meski hal ini tampaknya sederhana, tapi pada prakteknya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Kita sangat tergantung kepada orang lain atau bahkan sudah terbiasa menggantung diri kepada mereka. Dalam pekerjaan, dalam mengambil keputusan dan menanggung resiko, dan dalam melakukan segala sesuatu seringkali kita masih bergantung kepada orang lain. Ingatlah bahwa salah satu ciri orang yang telah dewasa adalah mampu mandiri.


Nampaknya kita harus belajar dari Samuel kecil yang mampu membuktikan hidup mandiri walaupun di tengah lingkungan yang tidak kondusif. Keluarga imam Eli yang mengasuhnya mempunyai sikap hidup yang tidak berkenan di hadapan Allah. Meski demikian Samuel bisa mandiri dalam kehidupan rohaninya, sehingga kehidupan rohaninya terus bertumbuh makin dewasa. Inilah contoh sederhana tentang kemandirian yang perlu kita teladani. Apakah kita sudah termasuk orang yang mandiri? Apakah kita orang yang dewasa? Dalam dunia kerja, untuk melihat seseorang profesional atau tidak dalam pekerjaannya adalah hal yang mudah, yaitu dengan melihat seberapa tingkat kemandiriannya terhadap tanggung jawab yang dipercayakan kepadanya.


Sikap yang mandiri adalah salah satu bentuk profesionalisme di dalam dunia kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

=======================

=======================

Share and Sharing :: Mempunyai Artikel Menarik,kisah,cerita lucu,Atau Info Tentang Sekitar Dukuhjati,Kirimkan di kolom bawah ini
Name:
Email :
Alamat
Artikel
Berita/Info

This contact form was created by Freedback.